top of page

Group

Public·47 members

[share] Cara Membuat Icon Tambahan Untuk Bootstrap Free



Laravel 8 blog - Hi coders, di artikel ini saya akan coba share tutorial step by step bagaimana cara membuat blog dengan laravel 8 yang mudah dipahami untuk pemula. Dan di artikel ini juga, saya akan jelaskan bagaimana cara membuat CRUD manage categories, CRUD manage tags, CRUD manage posts (+ soft delete) dan bagaimana cara menerapkan SEO di blog laravel8.




[share] Cara Membuat Icon Tambahan Untuk Bootstrap



Kita telah menyelesaikan tutorial cara membuat blog dengan laravel 8 dan bootstrap. Mungkin terlihat cukup panjang langkah-langkah di artikel ini, itu karena di artikel ini saya menjadikan satu artikel untuk langkah-langkah membuat CRUD category, CRUD tag dan CRUD post. Dari segi tampilan, mungkin terlihat cukup sederhana, tapi saya rasa point dari artikel ini sudah cukup jelas yaitu membuat blog sederhana dengan laravel versi 8 dan bootstrap, serta menerapkan SEO sederhana di setiap halaman di front end.


Dalam tutorial ini, Anda telah menciptakan widget paginasi khusus dalam aplikasi React. Meskipun Anda tidak membuat panggilan ke API atau berinteraksi dengan ujung belakang basis data apa pun dalam tutorial ini, aplikasi Anda mungkin menuntut interaksi tersebut. Anda tidak dibatasi dengan cara apa pun dalam hal pendekatan yang digunakan di tutorial ini - Anda dapat mengembangkannya sesuai keinginan untuk menyesuaikan keperluan aplikasi Anda.


Beberapa fitur Vue ada untuk mengakomodasi kasus yang langka atau migrasi yang lebih lancar dari basis kode lawas. Namun ketika digunakan secara berlebihan, mereka dapat membuat kode Kamu lebih sulit untuk dirawat(maintain) atau bahkan menjadi sumber bug. Aturan-aturan ini menerangkan fitur-fitur yang berpotensi berisiko, menjelaskan kapan dan mengapa mereka harus dihindari.


Dalam pengalaman kami, lebih baik untuk selalu menambahkan kunci unik, sehingga kamu dan tim kamu tidak perlu khawatir tentang kasus kecil ini. Kemudian dalam skenario langka, performa-kritis di mana konstansi objek tidak diperlukan, kamu dapat membuat pengecualian secara sadar.


Alhamdulillah saya dapat cara pak. Saya buat lagi textbox yang dihidden untuk mendapat hasil dari echo tersebut. Masih banyak pak sebenernya yang harus saya benahi. Saya berterima kasih atas tutorial dari bapak yang sangat membantu saya dalam menyusun skripsi. Kalo boleh saya minta tutorial tentang format angka ribuan pak. Tetapi tanpa fungsi onsubmit atw onkeyup/down. Contoh saya ingin membuatnya di textbox yang saya panggil dr database melalui combobox. Di textbox tersebut saya ingin munculkan numberformatnya pak. Bagaimana caranya? Mohon pencerahannya.


Carousel adalah sebuah fitur yang ada di bootstrap. Biasanya digunakan untuk menampilkan beberapa slide gambar yang akan berganti dan dapat di geser dengan tombol sider sebelumnya (previous) dan berikutnya (next). Gambar yang ditampilkan bisa berupa banner iklan atau announcement suatu website. Kali ini kita akan mempelajari cara membuat carousel dengan bootstrap.


Framework bootstrap telah menyediakan fitur carousel yang dapat kita gunakan dengan mudah, kita hanya perlu memahami penggunaan setiap class yang akan membentuk elemen carousel. Berikut ini adalah beberapa class untuk membuat carousel di bootstrap.


Sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat carousel dengan bootstrap. Semoga bermanfaat buat tean-teman yang sedang belajar framewok bootstrap yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Pelajari lebih lanjut tutorial mengenai bootstrap di menu Tutorial -> Bootstrap pada situs ini. Terimakasih


GNU Project di awali oleh seorang activis dan programmer Richard Stallman dengan tujuan untuk membuat software yang benar-benar free (bebas) sebagai pengganti dari sistem operasi UNIX yang berhak cipta (proprietary). GNU Project secara umum sangat sukses untuk menduplikasi fungsi berbagai hal dari UNIX, tapi mengembangkan sistem operasi GNU Hurd kernel tampaknya kurang produktif. Tahun 1991, seorang mahasiswa komputer science dari finland Linus Torvalds, dengan di bantu oleh banyak relawan berkolaborasi melalui Internet, melepaskan versi pertama kernel Linux. Tak lama kemudian, merger dengan komponen GNU untuk membentuk sebuah sistem operasi yang komplit. Sejak itu, kedua komponen tersebut biasanya di kenal sebagai "Linux" oleh industri software, nama yang sangat di tentang oleh Stallman maupun Free Software Foundation, mereka lebih suka dengan nama GNU/Linux. Berkeley Software Distribution, dikenal sebagai BSD, adalah turunan UNIX yang disebarkan oleh University of California, Berkeley, dimulai sekitar tahun 1970-an. BSD di sebarkan dengan bebas dan di porting ke banyak minikomputer. BSD akhirnya memperoleh beberapa pengikut di PC, seperti, FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD.


Ketika kernel memiliki driver driver yang tepat , maka ia dapat mengakses isi disk drive dalam format mentah, yang mungkin berisi satu atau lebih File System. Sebuah driver sistem file digunakan untuk menterjemahkan perintah yang digunakan untuk mengakses setiap sistem file tertentu ke dalam satu set standar perintah yang sistem operasi dapat digunakan untuk berbicara dengan semua file system. Program kemudian dapat menangani sistem file ini berdasarkan nama file, dan direktori / folder, yang berada dalam struktur hirarkis. Mereka dapat membuat, menghapus, membuka, dan menutup file, serta mengumpulkan berbagai informasi tentang mereka, termasuk hak akses, ukuran, ruang bebas, dan tanggal pembuatan dan tanggal modifikasi.


Di sebelah kanan layar, kita bisa menemukan cara menggunakan icon ini. Cara yang paling gampangnya adalah kita tinggal copy kode HTML-nya. Disini kita mendapatkan tag SVG, singkatan dari Scaleable Vector Graphics. Disini kita bisa lihat, di dalam tag svg terdapat tag path. Path ini berisikan instruksi-instruksi untuk menggambar vector graphics, seperti tarik garis dari titik a ke titik b, gambar objek kotak, lingkaran, dan lain-lain. Kita tidak akan membahas terlalu dalam mengenai tag SVG ini, namun yang jelas apabila kode ini kita taruh di dalam HTML kita, maka kita akan mendapatkan hasil icon Instagram.


Selain memiliki beberapa kelebihan, SVG ini juga memiliki beberapa kelemahan. Yang pertama adalah source code-nya tidak readable. Jadi kalau kita melihat kembali ke tag SVG ini, kita akan bingung sendiri. Tag SVG ini maksudnya apa sih? Kita harus menggeser terus ke samping hingga menemukan attribute class, kita lihat nilainya bi-instagram. Nah, dari nilai ini baru kita bisa tau, oh ini maksudnya icon untuk instagram. Namun proses untuk melihatnya cukup panjang ya, karena kita mesti menggeser jauh ke kanan. Untuk mempermudah proses membaca source code, kita harus membuat komentar sendiri di atas SVG. Sebagai contoh kita tuliskan Icon Instagram. Nah, dengan cara penulisan kode HTML seperti ini maka tag SVG ini menjadi lebih gampang untuk diartikan.


Selanjutnya kita akan mencoba menggunakan Bootstrap Icon sebagai web font. Kita kembali ke getbootstrap.com dan melihat halaman icon Instagram. Di sebelah kanan ada yang berjudul Icon Font. Dibawahnya ada kode HTML yang bisa kita copy. Kita tinggal klik icon di sebelah kanannya untuk copy.


Untuk menggunakan Icon Font, ada kode yang harus kita tambahkan dahulu. Kita kembali ke getbootstrap.com. Kita buka lagi halaman Icons. Perhatikan lagi di bawahnya masih ada beberapa navigasi, salah satunya adalah Install. Kita klik Install. Dan perhatikan ada yang judulnya CDN. Untuk menggunakan icon font, kita harus menambahkan tag link ini pada tag head kita. Kita copy kode link. Dan kita tambahan di dalam tag head. Kita simpan dan refresh browser. Sekarang icon Instagram sudah bisa muncul.


Dengan cara menggunakan Bootstrap Icon sebagai Icon Font atau Web Font, kita mendapatkan beberapa keuntungan. Yang pertama adalah source code kita lebih readable. Kalau kita lihat kembali ke tag i yang diberikan, kita bisa dengan lebih mudah menangkap bahwa ini adalah icon Instagram. Bisa kita lihat dari nilai kelasnya. Dibandingkan dengan tag SVG yang tadi, tag Icon Font lebih mudah untuk dibaca dan diartikan.


Di mana sebelum bootstrap dibuat, tim programmer di Twitter sudah memakai library-library untuk membuat tampilan Twitter, tapi ternyata penulisan kode-kodenya tidak konsisten, sehingga ini akan membuat proses maintenance akan sulit. Dari situlah dibuat Bootstrap untuk mengatasi masalah tersebut yang nama pertamanya adalah Twitter Blueprint.


Tag-tag tersebut digunakan untuk menghubungkan index.html dengan file css dan juga js yang ada di bootstrap. Lalu dibagian body kita tambahkan kode-kode html untuk membuat header. Dan hasilnya kurang lebih menjadi seperti berikut jika dilihat di browser.


Itulah ulasan singkat mengenai belajar bootstrap untuk pemula. Semoga memberikan insight dan bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share juga artikel ini ke temanmu agar manfaatnya tersebar lebih luas lagi.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page